Oded: Filosopi 5 Jari Efektif untuk RW Mandiri

Oded: Filosopi 5 Jari Efektif untuk RW Mandiri

381
0
SHARE

Bandung (18/05/1981) – Mang Oded selaku Wakil Walikota Bandung periode 2013-2018 bersilaturahmi dengan Forum RW se-Kelurahan Campaka di rumah dinas Wakil Walikota di Jalan Nyland. Pertemuan dimulai pukul 19.30 sampai dengan pukul 22.00. Hadir pada kesempatan tersebut Bapak Lurah Campaka beserta jajarannya, para Ketua RW di Kelurahan Campaka, Perwakilan Karang Taruna, Ibu-Ibu PKK dan Pengurus DPC PKS Andir.

Mang Oded Bersama Forum RW Campaka

Konsep Mang Oded dalam mewujudkan Bandung Juara bertumpu pada pemberdayaan kewilayahan secara optimal. Program PIPPK digulirkan berupa anggaran 100 juta untuk program tiap RW, 100 juta untuk Karang Taruna serta 100 juta untuk program PKK sehingga bisa benar-benar memberdayakan kewilayahan secara maksimal. Anggaran tersebut tidak pernah sebesar itu pada periode-periode kepemimpinan walikota-walikota sebelumnya. Mang Oded faham akan kebutuhan pengoptimalan kewilayahan karena sebelumnya beliau pernah menjabat sebagai ketua RW.

Program PIPPK sebenarnya ditujukan sebagai pemicu awal untuk program pembangunan kewilayahan. Program-program pembangunan bisa lebih dipacu lagi apabila dapat memaksimalkan kolaborasi serta kontribusi warga melalui program RW Mandiri. RW Mandiri merupakan sebuah program yang memaksimalkan potensi di masing-masing RW untuk bisa sama-sama berkontribusi dan berkolaborasi dalam pembangunan.

Dalam memaksimalkan kolaborasi warga Mang Oded berpesan untuk menjalankan filosofi 5 Jari. Ibu jari melambangkan pemimpin/tokoh baik formal maupun non-formal, jari telunjuk menunjukkan para pengusaha, jari manis adalah para pemuda dan jari kelingking adalah Ibu-ibu. Dengan filosopi ini para pemimpin/tokoh baik yang formal maupun informal diharapkan dapat mensinergikan kelima unsur tersebut menjadi sebuah kekuatan yang bisa memacu pembangunan. Pengelolaan anggaran program PIPPK serta kontribusi/partisipasi masyarakat dilakukan secara profesional sehingga tumbuh saling kepercayaan yang tinggi oleh setiap unsur kemasyarakatan.

Silaturahmi pun ditutup dengan pesan dan harapan Mang Oded semoga program PIPPK yang mengoptimalkan pembangunan kewilayahan tetap berlanjut di periode kepemimpinan Kota Bandung selanjutnya.

LEAVE A REPLY